Sunday, September 29, 2013

Cinta Diri

Manusia adalah makhluk egois. Sudah menjadi kodratnya, cenderung memilih tindakan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri. Disadari atau tidak. 

Setiap tindakan yang dilakukan dengan bebas pada dasarnya muncul dari pilihan pelakunya untuk melakukan sesuatu yang paling ia ingini untuk dilakukan. Suatu tindakan hanya nampaknya saja tidak bersifat egois. Kalau motivasi sesungguhnya dapat diketahui, maka akan menjadi nyata bahwa tindakan itu sebenarnya didasari oleh cinta diri.

Coba jujur pada diri sendiri, disaat kita menolong orang lain yang sedang kesusahan, misalnya, selain ingin mendapat pahala dari Sang Pencipta (buat diri sendiri tentunya), mungkin saja ada harapan agar bila kita berada pada situasi semacam itu orang lain pun mau menolong kita. Ada kekhawatiran jangan-jangan kemalangan yang sama suatu saat akan menimpa diri kita. Lagi-lagi diri sendiri yang menjadi pertimbangan di dalamnya. Inilah cinta diri.

Tidak ada yang salah dengan cinta diri. Sangat manusiawi. Selama cinta diri tidak berkembang menjadi hal yang merugikan orang lain, menyebabkan penderitaan bagi sesama, ini sah-sah saja. So humane... 


(Posted in FB, May 3, 2011)

0 comments:

Post a Comment