Monday, April 6, 2015

Yang Muda, Yang Mengabdi





Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), saya sedih mendapati kenyataan PNS kerap dibully, diejek, dicaci maki sebagai bagian dari unsur negara yang memalukan. Tidak hanya sosial media, televisi dan surat kabar turut memberikan stigma buruk. PNS itu pemalas, koruptor,  penerima suap, pemakan gaji buta, dan sebagainya.

Padahal faktanya, masih banyak PNS, terutama angkatan muda, yang mempunyai integritas dan kredibilitas, jauh dari tuduhan di atas. PNS yang masih memegang erat nilai-nilai kebaikan, walau tanpa imbalan yang memadai.

Sebagai contoh, teman-teman saya yang bertugas di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, unit yang bertugas mengurus semua hal tentang dokumen kependudukan dan perizinan, wajib memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat, bersih tanpa pungli sepeser pun. 

Saat anggaran belum turun, mereka terpaksa mengeluarkan uang pribadi untuk membeli tinta printer dan kertas agar dapat terus melayani masyarakat.

Masyarakat kerap dilayani dengan menganut prinsip transparansi dan akuntabilitas. Gratifikasi sebagai tanda terima hasil ditolak, demi menjaga integritas tersebut. Integritas bagi PNS muda adalah harga mati yang tidak dapat ditawar.

PNS muda tidak punya rekening gendut. Bahkan sejak Gubernur kami kisruh dengan DPRD terkait RAPBD 2015, kami praktis tidak menerima tunjangan. Terbayang hidup di Jakarta dengan uang sebesar Rp. 2.500.000,-, gaji pokok kami?

Bukannya tidak ikhlas, walau pernah terbersit keinginan untuk kembali berkarir di jalur swasta. Bagi sebagian PNS muda, dengan latar berlakang pernah bekerja di korporasi, tidak sulit untuk kembali berkarir di jalur tersebut. Kami tinggal mengajukan pengunduran diri, kemudian melamar atau kembali bekerja di perusahaan lama.

Ada teman, lulusan terbaik dari universitas negeri di Indonesia, pernah bekerja di  Kantor Akuntan Publik ternama, dengan gaji dan tunjangan yang jauh dari angka gaji dan tunjangan yang biasa diterima sebagai PNS, tetap bertahan. Tujuannya apa? Tak lain ingin berkontribusi untuk memperbaiki carut marut birokrasi di Pemerintahan, memberikan sumbangsih bagi kebaikan negeri tercinta.

Bekerja di sektor apapun, selama dilandasi dengan niat dan cara yang baik, maka akan memberikan keberkahan. Tolong dukung dan doakan kami, para PNS muda agar tetap bisa istiqomah, berdiri tegak dan bertahan dengan idealisme dan integritas yang berusaha kami pegang sekuat tenaga di tengah berbagai kesulitan dan godaan.

Ijinkan kami bekerja dengan tenang, mengabdikan diri pada masyarakat. Karena bagaimanapun, harus ada bagian dari negeri ini yang mau melakukannya. Kami sudah, bagaimana dengan Anda?

0 comments:

Post a Comment