Friday, December 25, 2015

Merajut Konsistensi




Saat akan mengikuti lomba menulis artikel dengan tema "Merajut Kekikinian", maka otak saya yang sudah FC alert langsung terkoneksi dengan sub tema pola makan sehat. Pola makan yang sudah saya jalani sekitar 1,5 tahun hingga saat ini. Merajut kekinian saya konotasikan sebagai usaha melakukan suatu kegiatan positif yang menjadi gaya hidup saat ini.

Merajut merupakan kegiatan yang butuh kesabaran dan ketekunan. Butuh konsistensi. Tidak mudah dilakukan bagi orang yang ingin sesuatu yang serba instant dan segera terwujud. Pekerjaan-pekerjaan kecil akan terlihat hasilnya manakala dilakukan secara konsisten. Kuncinya jangan menyerah dan putus asa sebelum target tercapai. Karena kegagalan seringkali disebabkan ketidakkonsitenan kita dalam melakukan sesuatu. Coba perhatikan bagaimana semut atau laba-laba membuat sarang. Semua dilakukan dari nol, sedikit demi sedikit. Perlahan-lahan sarang yang besar dan nyaman pun selesai. Semuanya tak lain akibat kerja keras dan konsistensi mereka.

Menuliskan artikel ini sama artinya dengan menasehati diri saya sendiri. Bagaimana saya bisa konsisten terhadap pola makan yang telah saya buktikan memberi efek positif bagi kesehatan tubuh saya. Bagaimana upaya saya agar konsisten pada pola makan ini sesungguhnya kelak akan terlihat hasilnya di masa mendatang. Bahkan seringkali di tengah jalan hasilnya sudah bisa dirasakan.

Menjalani konsistensi menjaga pola makan agar selalu di track yang benar memang bukan perkara mudah. Banyak sekali godaannya. Apalagi saat ini saya tinggal di negara di Eropa yang terkenal dengan kelezatan kue-kuenya. Bagaimana saya tidak terpesona dengan krim di dalam Marsipan Kake yang lembut, tidak menempel di langit-langit mulut dan rasanya tidak terlalu manis. Perfect! Harus dicari tau nih bagaimana cara membuatnya hehe

Menikmati Marsipan Kake ini termasuk perbuatan dosa dalam paham pola makan yang saya anut saat ini. Perbuatan dosa yang halal jika dilakukan hanya 2 kali dalam seminggu. Cheating istilahnya. Yang berat adalah menjaga agar cheating ini tidak lebih dari 2 kali saya lakukan. Melanggar aturan itu artinya memberi penderitaan pada tubuh saya. Maka saya pun demam minggu lalu hikss

Usaha merajut konsistensi alhamdulillah Allah berikan jalannya. Tiba-tiba ada teman yang menyampaikan informasi tentang suatu komunitas pola makan yang saya anut. When there's a will, there's away. Saya pun mendaftar bergabung. Semoga bisa terus menjaga konsistensi melakukan pola makan sehat seterusnya.

Melakukan konsistensi berpola makan sehat harus diawali dengan sebuah mind set yang benar. Bagi sebagian orang pola makan ini mungkin dianggap ribet, njelimet dan gak menikmati hidup. Padahal untuk pola makan sehat sebenarnya tidak sesulit dan seberat yang dibayangkan. Kesalahan informasi yang mengidentikkan pola makan sehat dengan membatasi asupan makanan atau diet ketat yang menyiksa dan membuat lapar pelakunya seringkali akhirnya membuat orang malas berusaha memperbaiki pola makannya.

Ragu-ragu atau khawatir adalah suatu sikap yang harus dihindari. Bila belum yakin, galilah informasi sedalam-dalamya dari berbagai sumber. Jangan malas. Bagaimana mau melangkah lebih jauh kalau mencari informasi saja kita malas. Setelah yakin dengan informasi yang kita terima, segera eksekusi. Lakukan sekarang dan saat ini. Jangan menunda-nunda lagi. Semakin lama menunda, semakin malas kita melakukannya.

Jangan berpikir semua yang dilakukan akan sia-sia. Sekecil apapun usaha memperbaiki pola makan, pasti kelak akan terlihat hasilnya. Asalkan konsisten. Namun jangan menyalahkan orang lain bila tidak berhasil. Pasti ada yang salah dari yang kita lakukan. Cermati lalu koreksi kesalahan yang terjadi.

Semoga kita selalu konsisten terhadap kegiatan positif bagi diri kita dan orang-orang di sekeliling kita. Salam sehat!

6 comments:

  1. Huhuuuu..... Ngejleb Binggo nih artikel. Secara... Gw kan pemakan segalanya (omnivora kaleee)
    Apalagi Medan kan kulinernya ga ada matinye!!

    Nuhun Mak....alert bua saia ni ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omnivora juga gpp kok, om, asal diperhatikan aturannya hehe.... Mau ke Medan belum kesampaian nih hikss

      Delete
  2. Mulai dari yang paling ringan. Pagi2 bersama mba jenniper uhuuyyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assiiikk pagi2 udah ditemenin mbak jenniper. Stay healthy om^^

      Delete
  3. saya kalo makan tipe sambelic holic mbak...jauh ya sama fc? hahaha....sambel ny kan isiny sayur (cabe) dan buah ( tomat, bawang dll )...hahaha..

    *bawang masuk buah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sambel tuh FC banget kok, asal diliat aja temen makannya siapa aja. Kalo pake nasi berarti plus sayuran. Kalo pake protein hewani berarti plus sayuran juga. Udah gitu doang kok, simple kan om?^^

      *Bawang masuk kategori sayuran

      Delete